Sepintas terlihat desain dan visual dari New Jupiter MX terlihat lebih MACHO ketimbang Old Jupiter MX. Bentuk desain lampu sein yang mirip dengan burung elang, dan body belakang terlihat lebih garang. Namun, beberapa catatan saya, ada beberapa kelemahan yang sering dan sudah saya jumpai pada New Jupiter MX baik milik saya dan milik orang lain.
Pada NJMX, rumah break lamp memiliki 2 bagian, yaitu dalam dan luar. tampak pada gambar terlihat noda putih yang disebabkan benturan/sentuhan mika dalam dan luar.
2. Body kit samping
Body kit NJMX terihat nampk pipih dan lebih melebar dibanding Old JMX. meskipun terlihat besar dan kokoh, namun kelemahannya yaitu saat akan berboncengan. Kaki/sandal dapat mengakibatkan goresan atau mengenai bagian yang runcing.
3. Rantai dan Ban belakang
Velg belakang 2,5" dan berkarakter tipis 100/70-17 membuat tarikan NJMX terasa agak berat saat jalan menanjak dan mengakibatkan rantai cepat kendor karena beban ban berat
4. Tuas pemindahan gigi
Tuas perpindahan gigi nampak menyatu dengan foot step. Hal ini sangat dsisayangkan karena bila saat motor jatuh, akan lebih beresiko melengkung dan patah sehingga agak terbilang sulit untuk memperbaiki kembali.
Sekian beberapa kelemahan NJMX, semoga posting ini bermanfaat dan daat dijadikan saran agar NJMX lebih baik lagi. Bila ada kata" yang salah, mohon kritiknya pada komentar dibawah.
NJMX tuh suara nya kalo di jalan yang gak enak, suaranya kracak"..
BalasHapusnjmx ane bro.
Mungkin minumnya kurang bagus tuhh
HapusMungkin minumnya kurang bagus tuhh
Hapusbener gan, punya ane juga. ngorok gitu..
BalasHapusjustru itu asyiknya jupi,,,,tp ttp motor keren di jalanan tampil beda fakta lohhhhhh...
Hapusdiperiksa dulu jeroan mx nya tuh, sapa tau ada tikus molor dideket klakson XD
Hapushahaha tikusnya abis begadang bro sampe molor di klakson ngeronda jagain NJMX .
Hapussmkin byk yg gk trima n sirik sm yamaha,,,yahama semakin di depan terlaris motor sejuta umat hehehe....
BalasHapusyamaha penjualan laris manis kacang goreng....sejuta umat gt lohhhhhh hihihiiiii...
BalasHapusNJMX suaranya keren kok bro,
BalasHapusdi bnding FU suaranya bgusan NJmX,
dan lbih gres jika flek nya di ganti bro,
plek berbahan serat karbon dan ban jga di ganti bro,
memang berat bro kalok di tanjakan,
jg rantai pun cepat kendor,
tarikan awalnya greget bnget kerenlah.
mengatasi suara ngorok ganti knalpot nob1..dah terbukti di njmxku.
BalasHapussaya merasa suara ngorok karna knalpotnya,stelah sy ganti pake nob1 ngoroknya hilang,bukan berarti ketelan ama suara knalpot nob1,tapi bener2 hilang ngoroknya..coba aja.
BalasHapusApa'pun itu, buat GW Jupiter MX itu SEMPURNA,,,
BalasHapusklo ukuran ban belakang di kecilin lagi, gmn tarikannya gan?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusaku bingung mau beli apa gak ya...
BalasHapusKampas Rem Juga Cepet habis broo...
BalasHapusNJMX gw banyak kurangnya...
BalasHapusKata orang akselerasinya ok,, tarikan enteng.. Tpi kok kala sama Vega ZR... Sok belakang juga belum ada 2 bulan uda bocor,, padahal dipake sendiri... Klw digeber di putaran atas pas balik ke rendah motor kayak mau mati.. Fan buat pendingin gw nga jalan meski motor uda kepanasan " bangets bro ",, pas uda gitu motor jadi lelet.. Mau nga mau harus berhenti dulu dinginkan mesin...
1 lagi nih yg sangat penting,, hampir setiap hari gw komplain ke dealer tapi nga ditanggepin.. Rem depan gw,, saat dipake tau2 bablas aja langsung kosong gitu.. Harus dipompa berkali2 baru nongol lagi,, pernah gw mentok di buntut nya angkot krna rem depannya.. Beda sama jeroan gw si MX yg lama...
Btw ada sarannya nga mas bro buat masalah motor gw ??
msah si mx mu kyak gtu, mx ku ajj asik" ajj it pun ku pke jlan jauh trus, dri samarinda smpai brau
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusJadi gini bro, ini hasil perbincangan ane sama mekanik bengkel resmi yamaha, di jalan Kramat Raya No.28
HapusGw lagi servis berkala, motor ane OJMX, dan gw sempet galau bro, motor ane udah mau 5 tahun,terus ane niat mau tuker tambah sama NJMX second. Tapi gw selayaknya konsumer, mau tau dong bedanya apa, soalnya buat gw tetep ajah ngeliat NJMX gimanaaaaa gitu, 5Speed cuy! siapa yang ga kepincut sama bebek 5 percepatan. Akhirnya, pas motor ane dibugilin buat di servis, ane tanya ke mekaniknya, "Bang, kalo MX lama sama yang baru enakan mana sih?" si mekanik jawab, "Beh, mending MX yang lama deh dek. Kalo MX baru, menang di gaya sama jumlah giginya banyak, terus tarikan awalnya udah kayak vixion, sayangnya lebih boros, karena buat nyampe topspeed di putaran atas, MX gak kuat, lama nyampenya, kalo MX yang lama, memang tarikan awal masih lemah, tapi kalo di ajak beradu topspeed di putaran atas, MX yang lama lebih cepet nyampe topspeed. Kalo MX yang baru ibarat motor nanggung, Giginya 5, tapi 135cc, mending beli vixion sekalian, tapi kalo memang mau modif-modif, MX yang baru bisa lebih kenceng dari Vixion meski sama-sama di bore-up, misal Vixion di bore-up sampe 200cc, MX yang baru juga di bore-up 200c, kan blok mesin mereka sama, tapi sistem injeksi di Vixion masih susah di setting jadi racing, kalo MX, tinggal pasang ajah PE 28, belum lagi ECU vixion belum ada yang RPM tinggi, kalo MX tinggal pasangin BRT atau Rextor, sama-sama sampe gigi lima, tapi tetep kencengan MX. Tapi kalo saya pribadi, masih seneng MX yang lama, soalnya partsnya udah pasaran, kalo yang baru masih banyak yang inden, mahal. belum lagi soal bodynya, buat saya MX yang lama lebih aerodinamis, kalo yang baru lebih gembrot keliatannya, MX yang lama juga bisa dibikin 200cc, pake blok vixion, tapi kelemahannya tetep, cuma sampe gigi 4, jujur, kalo mau nyetting MX, MX yang lama lebih gampang di setting, ga ribet. Kalo saya liat, kebanyakan orang-orang milih MX baru itu cuma gara-gara depan belakan cakram, tapi MX baru bannya tipis, kalo rebah pasti nyium aspal. Sekarang kan udah ada pelk lebar dobel disk buat MX lama buatan Power, Chameco, Daichi, jadi kalo mau ganti pelek lebar trus pake cakram, mending pake itu, daripada masang adptor, banyak tuh motor MX lama yang servis di sini sok-sokan ganti cakram belakang, malah jadi oglek gara-gara settingan adaptornya salah. Jadi saran saya mending lo pertahanin nih MX, banyak kok temen saya ngeluh pake MX baru, terus mau tuker tambah sama MX lama, tapi semua tetep balik ke selera orang sih. kalo gw saranin, MX lama lebih murah perawatannya."
nah agan-agan, gw cuma mau menengahi ajah, setiap produk pasti ada kekurangan dan kelebihannya, jadi dari tanya-tanya ane sama montir bengkel resmi yamaha, ane dapet kesimpulan, produk baru ada karena ingin menyempurnakan produk yang lama, tapi sayang, tetep ada kelemahan yang membuat barang yang lama kadang lebih diunggulkan.
by the way, MX lama udah discontinue, jadi siap-siap jadi barang mahal tuh MX, soalnya buat ajang roadrace atau OMR, MX lama lebih banyak penggemarnya.. belum lagi MX lama udah ada teknologi DOHC yang dikembangin sama KOSO, jadi siap-siap jaga MX lama anda jangan sampe di Ranmor. (petuah sang mekanik yang ternyata juga mekanik geng motor balap liar di depok. -__-)
Tapi kaki2 NJMX lebih baik dari OJMX
HapusPunya gw udah setahun, tapi ok..ok.. aja koq bro.
HapusJupiter MX memang keren..bodi menggoda,,speedny smpe 5 speed,,tapi motor ini boros,,harus selalu di rawat (servis) dan perawatannya pun tak murah,,selalu aja ad komponen motor yg "galau"..kadang walaupun udah di servis dan ganti oli berkala (tiap bulan) rasanya masih aj ad yg kurang..sperti tarikan top speed nya kurang lah..motor agak kasar lahh..aduuhhh..
Hapussaran gw harus kudu rajin melumasi rantainya, rantai cepat kendur bukan karena bobotban yang berat, cuma org kadang males ngerawatnya..... buat tarikan ane saranin menggunakan cairan aditif bensin bernama toratora turbo booster... ane dah nyobain , jalur ciputattangsel ke puncak masjid at ta"wun 2 liter premium, bobot 150 kg berboncengan. soal keiritan bensin bisa di atur dengan bagaimana kita mengatur saat membuka gas anda, dan saran gunakan semua gigi yang ada sesuai dengan batasan limit CDI, jgn dr di bawah speed 30 ente pake gigi dua jelasa itu boros, untuk keiritan tggal atur jarak main grip gas.. ane dh nyoba dan terbukti mx sebenernya irit, tggal kita bagaimana trik membuka menutup gas dan mengatur perpindahan gigi perseneling.. skian saran dari pengalaman ane selaku pengguna NJMX 2011
HapusWalau kata orang suara ngorok mx lebih bagus daripada suara FU tapi sekarang kok banyak ditemui mx yang pakai knalpot FU, setelah saya tanya pada ridernya. Kata mereka suaranya bisa mirip FU.
BalasHapusLohhh.. Katanya suara FU kalah bagus ama punya MX.
tanya kenapa ?? Jangan jangan kebalik lagi. Hmmm
tapi dari para kenalan ane yang gila kenceng, alesan mereka make FU adalah, ternyata gw baru tau, knalpot FU itu udah dimensi racing, knalpot FU dipasang di MX, sama kayak lo masang DBS di MX, tapi keuntungan dari masang knalpot FU di MX adalah suaranya yang standard bro, mereka temen-temen gw sering ditilang gara-gara make knalpot berisik, jadi mereka cari alternatif, masang knalpot FU, silencernya alus, udah kayak suara motor biasa, tapi dongkrak performance, ibaratnya orang-orang mau beli knalpot FU dengan anggapan mereka beli knalpot racing alternaif yang ga berisik. gitu bro...
HapusNJMX ane malah suaranya kayak scorpio :v
Hapusmx tu tahan lama, tahan jlan jauh. di bnding merek lain, bukti,a samarinda, berau, PP. cuman bekal ganti oli doang, n bensin. udah bgus, n awet lg
BalasHapusminta saran nih.... jupe MX Q adalah keluaran tahun 2011. memang tarikan yahut mantap, akselerasi terasa mengendur bgt kalo mesin panas. yang paling parah motor kalo di pakek di jalanan yang tidak rata bergeyang dombret. ada yang blang kom stir ada yang bilang shok belakang. nah untk sho belakang umurnya baru mau 2 tahun udah terlihat memendek dengan sendirinya. juga mesin terkadang keluar asap putih banyak bgt, mohon sulosi...
BalasHapusUkuran Ban belakang yang lebih kecil dari pada ban depan jadi biangnya bro, ukuran normal ban belakang, 90/80, tapi belakang 100/70, diameter 80 dengan 70 itu jadi penyebabnya tarikan atas kendor. saran, coba ganti pelk yang seukuran.ini nyebabin rante cepet aus.
Hapusmx gw dari cirebon sampe bekasi gw geber terus tanpa istirehat anteng2 ajah..
BalasHapustapi gw yng ga anteng pantan gw pe tipis...emang sih di gigi 5 kecapatannya malah semakin berat...
menurut ente semua termasuknya irit ga kalo bensin dari cirebon gw isi 20.000 sampe bekasi daerah keranji....??
Lebaran tahun lalu 1433H aku mudik pake ojmx ke kuningan dr kranji isi bensin cuma 25rebu mx ku tahun 2007 sampe rumah bensin masih setengah pdhal ban udah digedein bukan standardnya :)
Hapusgan mo tanya nih....? klo sparepart njmx yang murah dimana nih....di bandung sulit dapetinnya...harus inden trus bilangnya dealer.
BalasHapussatu lagi kalo njmx blok silindernya ganti sma x1 katanya lebih bagus....apa bener...? hatur nuhun....
Iya gan, salah satu kelemahannya yaitu tuas pemindah gigi yang terlalu keluar, jatuh dikit bengkok, hiks..
BalasHapusterlalu mengada2...
BalasHapussetelah baca2 komen mz brow2...jadi sedikit kecewa beli jupiter mx new blm lama ini....tau gak cara inreyen byar larinya kenceng....hehe
BalasHapuspada protes aja lu semua belum tentu lu semua bisa bikin motor kaya begitu ???
BalasHapusgkgkgkgkgkgkgk
semua product ada kurang lebihnya gan ,,, tp keluaran awal NJMX ane ampe sekarang fine2 aja , tergantung pemakaian ama perawatannya aja ......... ane sales , jalan sehari min 40 km ttp ngacirrr heheeehee
BalasHapusSEdikit berbagi nih.. baru setahun pake NJMX, ttracknya biasa aja, Bandung-Tasikmalaya +- 2,5 sampe 3 jam (hari biasa), konsumsi Pertamax Full Tank PP. Sedikit eksperimen, Koil ganti pake Kharisma,Gear Belakang pake Jupiter Z 36T, rante Racing. Cukup puas dengan tarikannya.. gigi 1 cuman 40 kpj…ini bisa 50 kpj mas bro…
BalasHapusgigi 2 cuman 70 kpj…ini bisa 78 kpj…
gigi 3 cuman 90 kpj…ini bisa 98 kpj…
gigi 4 cuman 110 kpj…ini bisa 115-118 kpj…
gigi 5 hanya bersifat overdrive…tpi ada kenaikan topspeed walau sedikit…bisa lah untuk menggapai >120 kpj lebih dikit…
tapi itu semua tergantung Jokinya juga... jadi ga nyesel beli product Yamaha..
pake gear 36T kalo tanjakan kuat ga?? trus klo yg gear 37 ada ga ya??
HapusBetul prio..
BalasHapusAne udah make njmx dua taon...
G pernah ada soal...konsumsi premium...
Soal irit 1:52km...( udah ane seting irit)....
Soal tarikan masih mak nyuuuuz....
Soal kcepatan masih tuh nyampe 120 kmpj
Ane tinggal di palangkaraya....
Ane jg sering main kebut klo ketempat krja....
Buat ane...njmx ga ada lawan...g nyusain...g boros....g rewel...yamaha...oke....
Ada gak ya yg mau jual kenalpot satria fu pengen nyoba dipasang di ojmx ku
BalasHapusDah seminggu kira2 NJMX 2011 ane ganti bloknya pake blok vixion tarikan jadi mantab suara normal, masih kurang puas lagi kemaren ane tambah lagi ganti noken as vixion juga, tarikan tambah mantab banget, hanya yang gak enak suaranya jadi kasar, ada suara kemrosok di blok sehernya..klep dah di stel ulang masih kasar suaranya, jadi gimana yah apa harus balikin noken as standarnya mx lagi,..tapi sayang tarikannya dah enak banget, gas putar dikit motor ngaciiir..pas lampu hijau nyala motor lain yang start bareng dah kelibas semua ampe jauh bro..gimana yah..?
BalasHapusJepara-Jakarta aman kq pke MX, sampe Jakarta-Kediri gak rewell..MX ok.. tapi waktu naik ke bromo memang tarikan motor kurang mantap.. bensin memang agak boros...
BalasHapusnjpmx ane dah pke 2 taon, so far sih bagus tapi Velg belakang dah patah patah gitu kenapa yah :(
BalasHapussaya sudah pake jupe MX 7 tahun mantap2 aja,sering dipake top speed 120 kpj masih ok,
BalasHapusane pkek njmx sudah 1 stgh tahun ok" aja gan....& mnrt qw sich wktu mesin panas....prasaan ane mkin hlus gan....gk da molor" nya t2...yaaa sdikit trgntung leat yg megang juga cee... :)
BalasHapusUntuk motor bebek yg ideal ya jupiter mx.. ga perlu terlalu perfek yg penting.nyaman di kendarai.
BalasHapusKlo mau motor yg safty. Yg bagus desaig.. bkin sediri aja.. blok mesin, rangka n body nya seauai kemauan sendiri
Apapun motornya minumnya jgn ngandelin subsidi negara.pecumah motor dikotak katik mati2an kalo masih pake prenium apa bedanya dgn mtor tukang sayur dpn rumah gw????
BalasHapusMotor mau awet n performa ttp oke???saran gw jgn dimacem2in jd terlihat norak kampungan n gk safety.pabrikan jepang dh mempertimbangkan ukuran velg,ban,knalpot n berat tubuh mesin.yamaha bs aja ko ganti velg lbh lebr tp hrus dirombak smuanya panjang mtr n tinggi mtr.gk kya org indonesia dah ada lampu sein justru malah dipapas biar trlihat lancip.gliran belok mengecoh n ngebhayain yg blakang.koplak u pada.
BalasHapusah... lonya za yang ga becus ngerawat nya... cuman tau make doang.. n ga tau model... makasih
BalasHapusPengin motor awet mesin nya dan tetep kinclong caranya gampang, motor di semprot kispray trus setrika lalu dilipat rapi, simpan di lemari..jamin awet dah.
BalasHapusbeeeh cocok banget gan,,
HapusSemua benda pasti punya kelemaan.
BalasHapusTergantung yg punya.
Kalau bisa meng"akal"i ya pasti tak tampak kelemahannya.
Masalahnya anak muda sekarang cuman bisa make aja. Giliran motor ngadat dikit aja langsung bingung...
Dasar payah. Itulah strategi perusahaan otomotif. Dengan sistem fuel injection kita semakin sulit memperbaiki motor sendiri. Dibalik keunggulannya,fuel injection ternyata membuat kita harus dan wajib apabila ada kerusakan harus dibawa ke bengkel resmi atau dealer. Soalnya kalau salah satu sensor pada mesin itu rubah posisi,atau salah penanganan. Wah kacau brow... Apalagi kalau ECU yg kena wah bisa jutaan duit melayang. ECU tu otaknye si injection ituu..
Kalau masalah berat sih gak pa pa. Coba kalau masalah sepele,kan makan biaya juga.
Bukan ngompor ngompori. Tapi jika punya motor cuma bisa make gak bisa benerin sendiri hal sepele kan lucu..
Bro kenapa njmx gw kalo udah masuk speed ke 5 rasanya lama banget sampe top speed
BalasHapusKlo motor NJMX pngen awet dan tetep di taroh di rumah aja trs gk usah di pakai ,...!!
BalasHapussetuju bro baguz mahazantry....
BalasHapusOJMX lebih Oke< gw pakai untuk GrasTrack Mantap..KLX atw NJMX aja masuk gigi 3 Lewat...kl mw liat Penampakannya Mampir Ke FB gw "Aryacozy" bisa Sharing2...
BalasHapusNjmx dipake buat trek*an sm tmn. Tpi pindah persneling itu diahan lma. Pkonya smpe motor getar atau suara bergtaran. Bru pindah persneling.
BalasHapusTiba* suara mesin motor berubah. Kaya ada gg loss gitu. Itu knpa? Mohon saran and hrs apa? Trims
Harga service bila gigi patah berapa gan?
BalasHapusfine" aja gan, besutan ane 2012 akhir (new).masalahnya cuma satu, perpindahan gigi agak berat aja. katanya pegaruh dari footstep depan yg agak bengkok. overall good lah buat daily, soal tarikann lumayan kok gan. malah memang terbukti bejaban kok sama LC150 baik yg inisial V atau inisial R.asal bener narik nya :) sekian
BalasHapusAne pake njmx ud 4 taon ..emang si masalah rante kendor itu klasik bgd .secara njmx ane d pake pp puncak-ancol .. lampu depan kurang berasa kalo dibanding motor laennya .. tp tarikan mantep .. ada plus minus nya sih
BalasHapusYg jelas tergantung amal������
BalasHapusNi pd ngomongin apa sih???
BalasHapusgonaku (Njmx) kluaran 2012, ukuran ban ngarep FDR genji pro 70/80, ban mburi corsa platinum 80/80, liane standard kabeh, nganti saiki mamulo ora ono kendala opo², playune neng dalan lurus karo nok tikungan wes koyok rossi pokoke.. jiioooozz ����
BalasHapus